Aditya Seorang Mobile (Android) Developer yang tumbuh besar di Kota Semarang. Kerjasama / keperluan bisnis ? kirim email ke [email protected]

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

2 min read

banner aditya widayanto

Iklan yang sering muncul di ponsel atau sering disebut pop-up ads memang menyebalkan bagi sebagian besar pengguna. Selain mengganggu, tidak sengaja mengklik ads akan membawa layar ke website yang berpotensi menyebar malware. Ada beberapa cara menghilangkan pop up iklan di Android yang bisa kamu terapkan agar penggunaaan ponsel menjadi lebih nyaman.

Ada 4 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android yang bisa kamu coba
  1. Menggunakan Adclear
  2. Menggunakan Adguard
  3. Menggunakan Adblock Browser for Android
  4. Menggunakan DNS66

Menggunakan Adclear

Adclear adalah aplikasi filter non-root yang dibuat oleh pengembang bernama XDA. Aplikasi ini membuat VPN pada perangkat sehingga memfilter trafik ads dan memfilter ads yang dienkripsi. Adclear cukup bisa diandalkan untuk memblokir semua jenis ads yang menganggu di beragam aplikasi.

  • Download dan instal aplikasi Adclear di Play Store atau juga bisa didapatkan di webnya http://seven.com.
  • Setelah diinstal, buka aplikasi dan pilih bagian setting.
  • Pilih ad blocking, kemudian HTTPs filtering. Ubah HTTPs filtering menjadi enable.
  • Jika sudah selesai, kamu sudah bisa menikmati aplikasi apa saja tapa takut adanya pop-up ads secara tiba-tiba di layar Android.

Menggunakan Adguard

Adguard adalah aplikasi pemblokir iklan untuk Android yang digunakan untuk menghapus pop ads pada browser, melindungi privasi kamu, juga mencegah adanya orang lain yang mencoba track keberadaan kamu. Aplikasi ini cukup fleksibel karena bisa dalam mode HTTP atau VPN.

  • Download Adguard melalui website resminya di http://adguard.com. Aplikasi ini tidak ada di Playstore sebab Google melarang pendistribusian ad-blockers melalui Google Play.
  • Sebelum menginstal, kamu sebaiknya membuka menus Settings terlebih dahulu dan memilih “Additional Settings”. Pilih bagian “System and Device”. Nyalakan mode “Unknown Source” lalu pilih OK.
  • Instal aplikasi adguard yang berekstensi .apk Tunggu hingga proses instalasinya berhasil.
  • Kamu tidak perlu membuka aplikasi ini karena secara otomatis, Adguard mencegah adanya pop-up ads selama aplikasi ini terinstal pada Android.

Menggunakan Adblock Browser for Android

Tadinya, aplikasi ini berupa software untuk PC yang fungsinya memblok iklan yang bisa mengganggu aktivitas kamu saat browsing. Setelah itu, dibuat versi untuk Android juga dengan fungsi serupa. Selain memblok iklan, Adblock browser juga mampu menghemat data dan daya baterai, meningkatkan kecepatan browser, dan memberi perlindungan terhadap privasi.

  • Adblock Browser bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Instal aplikasinya dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Buka aplikasinya. Di bagian pengaturan, kamu bisa memilih apakah ingin memblok semua ads atau sebagian ads. Mungkin saja ada aplikasi tertentu seperti game yang mengharuskan kamu melihat iklan untuk mendapat reward tertentu.
  • Jika tidak ingin melihat semua tipe ads termasuk pop-up ads, sebaiknya kamu memilih untuk memblokir semua ads.
  • Pilih disable tracking di bagian pengaturan jika kamu ingin browsing secara anonim. Dengan cara ini, kamu juga bisa menghentikan jika ada orang yang mengetahui aktivitasmu di dunia maya.
  • Saat menggunakan aplikasi Adblock Browser, kamu memerlukan koneksi internet atau WiFi sehingga jangan matikan data saat sedang digunakan.

Menggunakan DNS66

Aplikasi ini akan memblok semua ads di perangkat Android tanpa harus melakukan root. DNS66 bisa didapatkan di F-reposiroty, sebuah situs terpercaya untuk mendownload berbagai aplikasi yang sifatnya open-source.

  • Download DNS66 di website http://f-droid.org/. Scroll halaman setelah dibuka dan klik “download apk”. Setelah berhasil didownload, klik file-nya kemudian pilih install. Tunggu hingga proses install selesai.
  • Pilih filter domain. Caranya dengan mengklik tab “Hosts”, lalu pilih salah satu hosts yang ingin kamu gunakan. Beberapa di antaranya ada Dan Pollock’s, Adaway, Long-lived Malware, MVP’s dan Peter Lowe’s Ad server list. Pilih yang mana saja.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan enable layanan VPN. Kembali ke tab Start, kemudian tekan tombol “Start” yang ada di bagian bawah. Setelah ada dialog box, tekan OK. Secara otomatis, DNS66 menjadi layanan VPN bagi Androidmu.
  • Kamu akan melihat ikon DNS66 di bagian bar status ponsel yang menandakan bahwa aplikasi ini aktif untuk memblokir semua ads.

Munculnya ads di ponsel menjadi tanda bahwa kamu merupakan seorang target market dari perusahaan. Google menyimpan jejak tentang website apa yang sering dikunjungi sehingga ads sering berhubungan dengan jejak kamu. Namun cara menghilangkan pop up iklan di Android menggunakan berbagai aplikasi bisa menghapus ads yang menyebalkan dan memproteksi jejakmu.

Aditya Seorang Mobile (Android) Developer yang tumbuh besar di Kota Semarang. Kerjasama / keperluan bisnis ? kirim email ke [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *