Aditya Seorang Mobile (Android) Developer yang tumbuh besar di Kota Semarang. Kerjasama / keperluan bisnis ? kirim email ke devjurnal.id@gmail.com

Remote Android dari PC

2 min read

Cara Remote Android dari PC dengan vysor
4 Cara Remote Android dari PC Menggunakan Aplikasi
  1. Aplikasi Vysor
  2. Aplikasi Pushbullet
  3. Aplikasi Deskdock
  4. Aplikasi Airdroid

Tak banyak yang tahu bahwa pengguna Android bisa mengontrol gadgetnya melalui perangkat komputer. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti mengakses dan mengunduh file, login ke jaringan internet rumah, bahkan streaming. Cara remote Android dari PC biasanya menggunakan aplikasi tambahan. Masing-masing aplikasi memiliki cara yang berbeda namun fungsi kendalinya tetaplah sama.

Bagi para android developer remote android dari pc ini sangat membantu saat debuging. Kita cukup mengontrol HP android yang kita gunakan melalui laptop tanpa perlu mengalihkan perhatian kita ke layar hp.

Cara Remote Android dari Komputer Menggunakan Aplikasi

Berikut ini adalah aplikasi – aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk menghubungkan HP android kita dengan PC yang digunakan saat membuat program android.

Aplikasi Vysor

Penggunaan Vysor cukup efisen karena bisa drag and drop antar perangkat, mode layar penuh dan mirroring yang berkualitas tinggi. Versi Vysor terbagi dua yakni gratis dan berbayar sebesar 1.99 USD per bulannya.

  • Instal Vysor dengan mencarinya di Google Play. Terima semua syarat dan persetujuan yang diajukan oleh Vysor, kemudian tunggu hingga proses instal selesai.
  • Di PC sobat, kunjungi halaman Vysor melalui Google Chrome kemudian klik “Add to Chrome”. Pilih tambahkan aplikasi, lalu tunggu hingga proses instalnya selesai.
  • Langkah selanjutnya adalah menyambungkan perangkat. Sobat perlu melakukan enable USB debugging di Android. Caranya adalah dengan membuka pengaturan, pilih developer options. Setelahnya, klik enable USB debugging.
  • Di jendela PC, sobat perlu melakukan pngaturan kualitas gambar. Pilihannya dimulai dari 500 Kbps hingga 2 Mbit. Jika sudah selesai, pilih USB device dan akan munbul nama perangkat Android sobat. Klik OK, lalu proses pun selesai. Sobat sudah mulai bisa melakukan kontrol Android melalui PC.

Aplikasi Pushbullet

Selain bisa digunakan untuk mengirim pesan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk bertukar file, mengakses kontak, dan mendapatkan pemberitahuan yang masuk ke ponsel sobat. Penggunaan aplikasi ini berbayar 40 USD per tahun.

  • Masuk ke website pushbullet di http://pushbullet.com melalui PC. Lakukan sign ini dengan menggunakan akun Google atau akun Facebook.
  • Instal aplikasi Pushbullet di ponsel Sobat. Aplikasi ini bisa sobat dapatkan di Google Play.
  • Lakukan sign ini melalui ponsel. Jika di website PC menggunakan akun Google, maka sign in menggunakan Google. Begitu juga jika sign in awal menggunakan akun Facebook.
  • Lakukan enable Pushbullet di pengaturan sehingga nantinya sobat bisa menerima notifikasi jika ada pesan masuk.
  • Kembali ke PC sobat, maka sobat akan melihat jendela pemberitahuan selamat datang di Pushbullet. Pilih “set up your computer”, kemudian klik Windows.
  • Install Pushbullet di PC sobat. Setelah aplikasi dibuka, maka akan otomatis sign in.
  • Sobat bisa melihat beragam notifikasi yang berhubungan dengan pesan instan mulai dari SMS, e-mail, juga Facebook. Jika ingin mematikan salah satunya, sobat hanya tinggal memilih mute.

Aplikasi Deskdock

Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan bagi mereka yang lebih banyak duduk di depan PC ketimbang melihat ponsel. Saat sobat menggerakkan mouse, maka pointer juga akan muncul di perangkat Android sobat. Setting aplikasi ini hanya memerlukan beberapa langkah.

  • Posisikan ponsel Android sobat di meja dekat PC. Sobat bisa menggunakan holder agar posisinya tetap stabil.
  • Lakukan enable USB debugging di pengaturan ponsel. Setelahnya, koneksikan perangkat Android ke PC menggunakan kabel USB. Izinkan USB Debugging muncul di layar ponsel.
  • Instal Deskdock di ponsel sobat melalui Playstore. Setujui semua syarat dan ketentuannya, tunggu hingga proses instalnya selesai. sobat juga perlu mendownload Deskdock Server di PC lalu ekstrak semua kontennya ke dalam sebuah folder.
  • Di dalam aplikasi Deskdock ponsel, klik Status lalu pilih Connect. Beginilah cara kedua perangkatnya saling terhubung.

Aplikasi Airdroid

Airdroid akan mengganikan kabel USB untuk tersambung ke PC sobat. Yang bisa sobat lakukan ialah mentransfer bolak-balik sebuah dokumen, mengirim pesan, memainkan musik, emlihat foto bahkan menggunakan aplikasi ponsel menggunakan web browser.

  • Instal Airdroid di android sobat. Setelah sukses terinstal, maka pengguna akan diminta untuk melakukan sign in atau sign up. Sobat bisa melakukannya dengan sign-in menggunakan akun Google.
  • Setelah sign in, sobat harus melakukan enable aplikasi airdroid sehingga sistem akan menerima notifikasi. Tap Scan QR yang muncul di samping URL.
  • Di PC, instal Airdroid dan sign in dengan akun yang sama dengan aplikasi ponsel. Setelah terhubung. Maka PC akan menampilkan tampilan Android sobat.

Kesimpulan

Ada banyak cara remote Android dari PC. Sobat bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Sobat. Koneksi yang wireless biasana menawarkan kenyamanan arena tidak ada kabel terhubung, tapi kecepatannya yang lebih lambat. Sebaliknya, sambungan USB terkesan tidak fleksibel tapi kecepatannya lebih baik dari wireless.

Aditya Seorang Mobile (Android) Developer yang tumbuh besar di Kota Semarang. Kerjasama / keperluan bisnis ? kirim email ke devjurnal.id@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *